PENGARUH PERMAINAN ENGKLEK VARIASI PADA PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA DINI

Indaria Tri Hariyani, Norma Diana Fitri

Abstract


Peran bermain merupakan kebutuhan untuk anak usia dini karena dapat mempengaruhi mindset yang berperan dalam tahap perkembangan anak. Oleh karena itu fungsi utama dari bermain adalah menggunakan media dalam pembelajaran, supaya mempermudah media dalam pembelajaran yang diperlukan oleh guru. Untuk mengetahui aspek perkembangan motorik anak sangat membutuhkan media sebagai pemahaman yang perlu dipertegas dengan contoh-contoh perilaku kongkret dengan menggunakan permainan engklek untuk anak TK A. Pada penelitian ini mempunyai tujuan agar dapat melihat apakah ada pengaruh permainan engklek variasi pada perkembangan motorik anak usia dini, metode penelitian yang digunakan yakni pre-eksperimental designs, bentuk desain penelitian ini pre-experimental yang digunakan adalah one group pretest - posttest design, subjek penelitian ini yakni 12 anak pada usia 5-6 tahun.  Hasil dari uji normalitas yang diperoleh peneliti yaitu nilai Asymptotic significant value dari uji Kolmogorov- smirnov diketahui hasil belajar semuanya mengalami pengaruh yang signifikan dapat diketahui dari besarnya rata-rata dalam uji paired sampel statistic dari nilai pretest sebesar 21.83 dan nilai posttest sebesar 29.00.  Hasil analisis paired sampel test dapat dilihat pada nilai sig. yang menunjukan 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak H1 diterima, bahwa menunjukan ada pengaruh signifikan permainan engklek variasi pada perkembangan motorik anak usia dini.

 

Kata Kunci:  Permainan engklek variasi, perkembangan motorik, anak usia dini

 

Abstract

The role of play is a need for early childhood because it can affect the mindset that plays a role in the stages of child development. Therefore the main function of play is to use media in learning, so as to facilitate the media in learning needed by the teacher. To find out aspects of children's motor development, they really need media as an understanding that needs to be emphasized with concrete examples of behavior by using a crank game for kindergarten A children. In this study, the aim is to see whether there is an influence of variations on the motor cycle of early childhood, The research method used is pre-experimental designs, the pre-experimental form of this research design used is one group pretest - posttest design, the subject of this study is 12 children at the age of 5-6 years. The results of the normality test obtained by researchers are the Asymptotic significant value of the Kolmogorov-Smirnov test. All of the learning outcomes experience a significant effect that can be known from the average size in the paired test of the statistical sample of the pretest value of 21.83 and the posttest value of 29.00. The results of the paired sample test analysis can be seen in the sig value. which shows 0.000 <0.05 so that H0 is rejected H1 is accepted, that shows there is a significant influence on variations in the motor play of early childhood motor development.

 

Keywords: Crank play variations, motor development, early childhood

Full Text:

PDF

References


Brewer, Jo Ann. (2007). Introduction to: Early Childhood Education. United States of America:

Pearson Education.

Dharmamulya, Sukirman, dkk. (2008). Permainan Taradisional Jawa. Yokyakarta: Kepel Press.

Effendi, Dwi Imam, dkk. (2015). Permainan Tradisional sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika.

Iswinarti. (2010). Permainan Anak Tradisional sebagai Model Peningkatan Kompetensi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian UMM.

Muslimah, Lubis, Humaidah .(2018). Permainan Engklek Dalam Meningkatkan Fisik Motorik Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Kecamatan Medan Denai. Jurnal Raudhah 6(2) hal 5.

Rahmadani, Ni Kadek A., Latiana, Lita., & Agustinus, R. (2017). The Influence of Traditional Games on The Development of Children’s Basic Motor Skills. Advances in Social Science. Education Journal, 169.

Rochmani, Imma’u. (2016). Permainan Tradisional Engklek Berpengaruh Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak. Publikasi Ilmiah Tidak Diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Selfiana .(2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Jawa Barat Kelompok B di RA El-Hurriyah Cikarang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metpen Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini: dalam kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract views: 10   PDF views: 2