KESAN PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI ACEH BESAR

Dewi Yunisari, Yusra Yusra

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan dasar dalam mengembangkan kecerdasan setiap anak-anak.Pendidikan Anak Usia Dini adalah interaksi antara lingkungan rumah, lingkungan sekitar dan sekolah. Interaksi dengan orang tua adalah dasar untuk merangsang anak dalam mengembangkan kecerdasan emosional.Peranorang tua memberikan pengaruh yang besar untuk anak-anak dalam mengembangkan kecerdasan emosional.Penelitian ini membahas tentang kesan peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia 4-6 tahun. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode survey.Instrumen penelitian terdiri dari wawancara, observasi dan angket.Hasil analisis menunjukkan bahwa peran orang tua sangat berkesan terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak-anak.Hasil penelitian mengenai kesan sikap orang tua terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak adalah bahawa semua anak-anak berada pada tahap yang tinggi di mana kadang-kadang anak-anak masih menunjukkan sikap negatif dan kadang-kadang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional mereka berkembang dengan baik.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Anak Usia Dini, Kesan Peran Orang Tua

 

Abstract

Early childhood education is a basic education in developing the intelligences. Early Childhood Education is the interaction between home, neighborhood and school.Interaction with a parentsis the basis for stimulating children to develop emotional intelligence. Parents' knowledge and role has a great impact for children to develop emotional intelligence.This research examines the impression of the role of parent’s in developing emotional intelligence of children 4-6 years.This research uses a qualitative approach with a survey methode. This research instrument consists of questionnaire, interview and observation list. The results of the analysis show the role parents is very impressive towards the development of emotional intelligence. The findings of the study on the effect of the attitude of the mother on the development of the emotional intelligence of children is that all children are at a moderate level where sometimes children are still showing a negative attitude and sometimes show that their emotional intelligence develops well.

 

Keywords: emotional Intelligence, Early childhood, The impression of the role of parent’s


Full Text:

PDF

References


Depdiknas.(2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Restindo Mediatama.

Fagbeminiyi. F. F. (2011). The Role of Parents in Early Childhood Education: A CaseStudy of Ikeja, Lagos State, Nigeria. Global Journal of Human Social Science.Volume 11 Issue 2. 43-51.

Farrel.Giselle.(2015). The Relationship Between Parenting Style and the Level of Emotional Intelligence in Preschool-Aged Children.Philadelphia College of Osteopathic Medicine. DigitalCommons@PCOM.

Goleman, D. P. (1995).Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ for character, health and lifelong achievement.

Goleman.D. (1998).Emotional intelligence: Kecerdasan Emosional, Mengapa EI lebih penting dari IQ. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama. Terjemahan.

Idris, N. (2013). Penyelidikan dalam pendidikan.McGraw-Hill Education.

Jalal.F. (2002).Pendidikan Anak Usia Dini Usia Pendidikan yang Mendasar. Jakarta: Direktorat PADU.

M. Nashir Ali. (1987) Dasar-dasar Ilmu Mendidik, Jakarta: Balai Pustaka.

Santrock, J. W. (2009). Educacional Psychology. McGraw-Hill Education.


Article Metrics

Abstract views: 7   PDF views: 2