MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DAN MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU AJAIB PADA KELAS B.2 ANAK USIA DINI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 3 DESA LAMPULO KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

Rosmawar Rosmawar

Abstract


Upaya yang dilakukan agar pembelajaran menyenangkan bagi anak usia dini Taman Kanak-Kanak, dalam meningkatkan  kemampuan membaca dan menulis permulaan kepada anak  di Kelompok B.2 Taman Kanak-Kanak Negeri 3 Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh adalah melalui permainan kartu ajaib sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan menulis dan membaca anak pada bidang pengembangan kemampuan berbahasa di TK, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 Siklus subyek penelitian adalah murid kelas B.2 TK Negeri 3 Banda Aceh tahun ajaran 2014-2015, semster I, sebanyak 25 orang, analisis data menggunakan tekanik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi,lembar ceklis dokumentasi dan catatan harian,melalui alat pengumpulan data ini akan melihat perkembangan anak pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, dengan melihat kondisi awal, dan hasil yang dicapai pada setiap siklus,dengan membandingkan siklus I dan II melalui permainan penggunaan kartu ajaib dengan indikator yang diharapkan tercapai anak memiliki keberanian dan kerjasama dalam kelompoknya, menghubungkan gambar dengan tulisan, mengungkapkan gambar dan tulisan yang menyertai pada kelas kelompok B.2 TK Negeri 3 Banda Aceh.Maka diperoleh hasil pada siklus I mencapai 57%, atau10 anak, meningkat pada siklu ke II menjadi 94%, atau 10 anak, demikian juga dengan keaktifan gurupada siklu I, 69% siklus ke II, meningkat menjadi 83%. Pada kedua siklus ini terjadi perubahan  aktifitas yang sangat signifikan  bila dibandingkan dengan pra siklus  indikator yang diharapkan tercapai hanya mencapai 45% atau 10 orang anak.

 

Kata Kunci: Kemampuan Menulis dan Membaca, Kartu Ajaib

Full Text:

PDF

References


Betterworth W.S (1999), Psikologi Pendidikan Dan Evaluasi Belajar, PT.Gramedia, Jakarta

Dehane, Winkel (1996), Metodologi Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar Tarsito, Bandung

Departemen Pendidikan Nasional (2003), Standar Kompetensi TK Dan RA, Jakarta

Depdikbud, (2001), Didaktik Metodik Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta

Kusnandar, (2007), Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Penegmbangan Profesi Guru.PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Moeslichatoen R,Dra,M.PA, (1990), Metode Pembelajaran Di Taman Kanak-Kanak. PT. Rineka Cipta Jakarta.

Muliadi Seto (1997), Bermain Itu Penting, Gramedia, Jakarta

Soemiarti Patmodewo Dr. (2000), Pendidikan Anak Pra Sekolah, Rineka Cipta Jakarta,

Sujanto Agus,(1994), Psycologis Pendidikan, Aksara Jakarta

Undang-Undang Ri Nomor, 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasioanal Dan Peraturan Pelaksanaan


Article Metrics

Abstract views: 154   PDF views: 59