Buah Hati Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/buahhati

EFEKTIVITAS METODE FUN LEARNING TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK KELOMPOK B DI TK METHODIST BANDA ACEH

Ayi Teiri Nurtiani, Sheilisa Sheilisa

Abstract


Metode pembelajaran yang menyenangkan menjadi sebuah keniscayaan dalam pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangan mereka, salah satunya dengan menggunakan metode fun learning dimana suasana belajar diciptakan sedemikian rupa agar anak tidak merasa terbebani dengan beragam materi, perasaan senang dapat hadir seiring dengan tujuan pendidikan yang dapat diserap dengan baik dan mudah. Di sini, metode ini diaplikasikan untuk menstimulasi kecerdasan logika matematika anak berupa kecerdasan yang melibatkan kemampuan menganalisis masalah secara logis, menemukan atau menciptakan rumus-rumus atau pola matematika, dan menyelidiki sesuatu secara ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode fun learning terhadap kecerdasan logika matematika dan mendeskripsikan perbandingan antara metode pembelajaran konvensional dengan metode fun learning terhadap kecerdasan logika matematika anak kelompok B pada TK Methodist Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan instrument tes dan dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil t hitung lebih besar daripada t tabel (4,10 > 3,031) bahwa Ho diterima sedangkan Ha ditolak.

 

Kata Kunci: Metode Fun Learning, Kecerdasan Logika Matematika

 

Abstract

 

A method of learning that is fun to be an inevitability in the early childhood education that corresponds to their needs and stage of development, one of them by using the methods of fun learning where learning atmosphere is created in such a a way that the child does not feel burdened with various material, feeling glad to be present along with the educational objectives that can be absorbed nicely and easily. Here, the method is applied to stimulate children's mathematical logic intelligence in the form of intelligence that involves the ability to analyze problems logically, find or create the formulas or mathematical patterns, and investigate something scientifically. This research aims to know the effectiveness of the methods of fun learning math and logic of intelligence described a comparison between conventional method of learning with fun learning methods of intelligence of mathematical logic group B at Methodist Kindergarten Banda Aceh. This is experimentation research method using the instrument test and analyzed by t-test. The results showed that the result t count greater than t table (4.10 > 3.031) that Ho is accepted while the Ha is denied.

Keywords: Fun Learning Methods, Mathematical Logic Intelligence

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views: 262   PDF views: 124