Buah Hati Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/buahhati

EFEKTIFITAS PERMAINAN WAYANG HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DI TK KARTIKA XIV-11 BANDA ACEH

Lina Amelia, Sri Wahyuni, Rina Rina

Abstract


Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat bahkan dikatakan sebagai lompatan perkembangan karena itu usia dini dikatakan sebagai golden age (usia emas) yaitu usia yang berharga dibanding usia selanjutnya. Membaca pada anak taman kanak-kanak merupakan keterampilan bahasa tulis yang bersifat reseptif. Kemampuan membaca termasuk kegiatan kompleks dan melibatkan berbagai keterampilan, kegiatan membaca juga merupakan satu kesatuan kegiatan terpadu yang mencakup beberapa kegiatan seperti mengenal huruf dan kata-kata, mengubungkan dengan bunyi, serta menarik kesimpulan mengenai maksud bacaan. Penggunaan wayang huruf dalam pembelajaran bahasa anak dianggap lebih efektif karena anak belajar seraya bermain wayang yang berupa huruf-huruf abjad.  penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan wayang huruf terhadap kemampuan membaca di TK Kartika XIV-11 Banda Aceh. Rancangan Penelitian ini bersifat kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental desig. Desain penelitian adalah one group pre-test post-tes design. Sampel adalah kelas B1 dengan jumlah anak sebanyak 25 orang. Data dianalisis. dengan menggunakan rumus t-hitung dan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Nilai t-hitung h besar dari nilau t-tabel. Nilai  t-hitung sebesar 0,648 , dan nilai t-tabel sebesar 1,710. Hal ini menunjukkan bahwa wayang huruf efektif  terhadap kemampuan membaca.

 

Kata Kunci : Permainan Wayang Huruf, Membaca, Anak Usia Dini

 

Abstract

 

Early childhood is the individual who is undergoing a process of rapid growth and development even hailed as a leap of development because it was an early age described as the golden age (the golden age), namely the age of value than the next age . Read on to kindergarten is a writing language skills which are receptive. The ability of reading including complex activities and involving a wide range of skills, activities of the reading is also a unified integrated activities that include some activities such as recognize letters and words, connecting with the sound, as well as draw conclusions about the meaning of the readings. The use of letters in puppet language learning child is considered more effective because children learn while playing wayang that form the letters of the alphabet. The research aims to find out the effectiveness of the game puppet letters against the ability to read in kindergarten Kartika XIV-11 Banda Aceh. The design of this research is quantitative in nature, the methods used in this study was an experimental method of pre-desig. Design research is one group pre test post test-design. The sample was a class B1 with numbers of as many as 25 people. The data is analyzed. using the formula t-count and percentage. The results showed that the value of t-h count of t-nilau table. The t-value count of 0.648, and the value of the t-table of 1.710. This shows that the letter is effective against puppet reading skills.

 

Keywords: Wayang Huruf Games , Reading, Childhood

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views: 289   PDF views: 461