ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA ANAK PAUD DI KOTA BANDA ACEH DALAM KEGIATAN MAKAN

Yenni Mutiawati

Abstract


Bahasa berarti sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh semua orang atau anggota masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku yang baik, sopan santun yang baik. Demikian halnya dalam dunia anak, bahasa berperan penting sebagai alat komunikasi dalam kehidupan anak. Tanpa kemampuan ini sulit bagi anak dalam berinteraksi. Kemampuan bahasa pada anak dapat dikembangkan melalui kegiatan makan. Stimulasi kegiatan berbahasa yang dilakukan pada kegiatan makan. kegiatan makan yang dibangun dengan kesenangan akan menghadirkan kenyamanan dan rasa senang pada anak sehingga anak antusias untuk belajar membangun pemahaman mereka sendiri tentang makan dan makanan mereka. Penelitian ini dilakukan di PAUD Cahaya Meunara kota Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pola pengembangan kegiatan makan untuk menstimulasi kemampuan bahasa anak usia dini di PAUD Kota Banda Aceh serta cara memonitor dan mengevaluasi kegiatan makan untuk menstimulasi kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara serta angket yang diawali dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan yang hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan ajar atau modul sebagai rujukan bagi guru-guru PAUD dalam pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam program kegiatan makan yang berkualitas dan bermakna bagi perkembangan anak.

 

Kata Kunci : Bahasa, Kegiatan Makan, Anak Usia Dini

 

Abstract

 

Language means the system sound arbitrer coat of arms, used by all the people or community members to collaborate, interact, and identify themselves in the form of a good conversation, good behavior, good manners. This is the case in the world of children, language plays an important role as an instrument of communication in children's lives. Without this capability it is difficult for children in interact. Language ability in children can be developed through the activity of eating. Stimulation of language activities conducted on feeding. activities built with pleasure will bring comfort and delight in a child so the children are enthusiastic to learn to build their own thoughts about food and their food. This research was conducted in the light of the OLD Meunara city of Banda Aceh. As for the purpose of this research is to know the pattern of the development of the activities of the fed to stimulate language skills, early childhood in the OLD city of Banda Aceh as well as how to monitor and evaluate the activities of the fed to stimulate language skills in children an early age. This research was conducted by doing observation and interviews as well as the now beginning with providing socialization and training results can be used as learning materials or modules as a reference for OLD teachers in the implementation of the learning activities included in the program packed with quality and meaningful for the development of the child.

 

Keywords: Language, Feeding, Early Childhood

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views: 115   PDF views: 563