Buah Hati Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/buahhati

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN MELALUI MEDIA GAMBAR DI PAUD ASLAMI ACEH BESAR

Sapriani Sapriani

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kemampuan menulis anak di Paud Aslami ini yang masih sangat kurang. Hal ini disebabkan, guru kurang kreatif dalam memilih media untuk menulis. Rumusan masalah yang peneliti ambil adalah bagaimana peningkatan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun melalui media gambar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar dari kertas HVS dan kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di Paud Aslami. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di Paud Aslami Aceh Besar dengan Subjek penelitian adalah 10 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sumber dan alat pengumpulan data yaitu observasi. Dan data yang dikumpulkan dianalisis dengan rumus persentase. Dari hasil pengolahan data, kemampuan menulis dengan media gambar mencapai angka yaitu 80% anak sudah berkembang dengan baik. Dari persentase diatas, maka penelitian dihentikan pada siklus II karena peneliti merasa bahwa media gambar ini dapat meningkatkan kemampuan menulis anak di Paud Aslami Aceh Besar ini. Penelitian yang dilakukan sudah berhasil. Hal ini dilihat bahwa ada peningkatan mulai dari observasi awal, siklus I dan siklus II.

 

Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini, Media Gambar

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga

Alwasilah, A. Chaedaer. 2005. Pengantar Penelitian Linguistik Terapan. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pengajaran, Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pengajaran, Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Bovee, Courland. 2007. Business Communication Today. New York: Prentice Hall

Keraf, Gorys. 2001. Komposisi Sebuah pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa Indah.

Kurniawan, 2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mursiti. 2006. Penggunaan Pertanyaan dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor

Poerwadarminta, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Sadiman, Arief 2009. Media Pendidikan, Pengembangan, Pemanfaatan. CV Rajawali. Jakarta.

Sampan. 1995. Penuntun Mengarang.Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Santoso, Soegeng. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Pendidikan

Santrock, J.W. 2011. Masa Perkembangan Anak, edisi ke-11. Penerbit Salemba Humanika : Jakarta

Sudjana, 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi V. Aneka Cipta: Jakarta.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suyanto. 2005. Urgensi Pendidikan Karakter. Ditjen Mandikdasmen- Kementerian Pendidikan Nasional

Tarigan, Henry Guntur.2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Titik, dkk. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya.

Usman, dkk. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.

Widyamartaya. 1991. Seni Membaca Untuk Study. Yogyakarta: Kanisius.


Article Metrics

Abstract views: 571   PDF views: 175