Buah Hati Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/buahhati

DAMPAK POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK JASA BUNDA ACEH BESAR

Ayi Teiri Nurtiani

Abstract


Kecerdasan emosional anak-anak sangat penting untuk perkembangan pribadi anak-anak secara menyeluruh. Kecerdasan emosional menentukan kemampuan anak-anak untuk membina konsep diri dan mengendalikan emosi supaya dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan agar dapat diterima dan dihargai. Perkembangan kecerdasan emosional sangat dipengaruhi oleh didikan dan dorongan orangtua, sejauh mana keberhasilan didikan orang tua adalah sejauh mana keterlibatan dan peran mereka dalam kehidupan anak-anaknya. Setiap orangtua mempunyai cara tersendiri untuk membantu perkembangan anak-anaknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana dampak pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Jasa Bunda Aceh Besar? Yang bertujuan untuk mengetahui dampak pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 Tahun di TK Jasa Bunda Aceh Besar. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan instrument observasi dan wawancara, sedangkan analisa data menggunakan tahap reduksi data, model data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian diperoleh bahwa pola asuh yang diberikan orangtua untuk mendidik anak di TK Jasa Bunda adalah pola asuh demokratis dan permisif dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK Jasa Bunda.

 

Kata Kunci: pola asuh orangtua, kecerdasan emosional

 

Abstract

Emotional intelligence of children is very important to personal development of children as a whole. Emotional intelligence to determine the ability of children to foster a concept of self and control your emotions in order to fit in the environment in order to be accepted and appreciated. The development of emotional intelligence are strongly influenced by upbringing and instigation of parents, the extent to which the success of the education of the parents is the extent of involvement and their role in the lives of his children. Every parent has its own way to help the development of children. As for the formulation of the problem in this research is: How does the impact of parenting parents against emotional intelligence children aged 5-6 years in Aceh Besar, mother of kindergarten Jasa Bunda? Aiming to find out the impact of parenting parents against emotional intelligence children aged 5-6 years in Aceh Besar, mother of kindergarten Jasa Bunda. Qualitative research is research methods by using the instrument of observation and interviews, while data analysis using data reduction phase, data model (data display) and the withdrawal of the conclusion (verification). The research results obtained that the given parenting parents to educate children in kindergarten Jasa Bunda is democratic and permissive parenting in developing emotional intelligence children aged 5-6 years in kindergarten Jasa Bunda. 

 

Keywords: parenting parenting, emotional intelligence

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. 2007. ESQ: Emotional Spiritual Quotient. Jakarta: Arga Wijaya Persada.

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Permendiknas No. 58 tahun 2009.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology: Active Learning Edition. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Article Metrics

Abstract views: 128   PDF views: 91