MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA JARI PADA ANAK TK B2 DI PAUD SAVE THE KIDS BANDA ACEH

Lina Amelia, Ayu Marsella

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul Meningkatkan kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Pada Anak TK B2 Di Paud Save The Kids Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kemampuan interpersonal anak melalui metode bermain peran dengan (boneka jari), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ini adalah 13 orang anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Data dianalisa dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan pada Siklus I kemampuan interpersonal pada TK B2 di PAUD Save The Kids belum mencapai nilai ketuntasan pada semua kriteria aspek yang diamati. Adapun kriteria aspek yang belum tuntas adalah (BB) Belum Berkembang (21%), (MB) Mulai Berkembang (37%), (BSH) Berkembang Sesuai Harapan (43%) dan (BSB) Berkembang Sangat Baik (0%). Pada siklus II kemamampuan Interpersonal anak lebih baik dari pada siklus I dan indikator keberhasilan telah mencapai nilai ketuntasan pada kriteria aspek, (BB) Belum Berkembang (0%), (MB) Mulai Berkembang (10%), (BSH) Berkembang Sesuai Harapan (77%), dan (BSB) Berkembang Sangat Baik (14%). Hal ini menunjukkan metode bermain peran dengan menggunakan boneka jari dapat meningkatkan kemampuan interpersonal anak.

 

Kata Kunci : kemampuan interpersonal, metode bermain peran, boneka jari

 

Abstract

This research is entitled Improving Children's Interpersonal Ability Through Role Playing Methods Using Finger Puppets in Kindergarten B2 Children in Paud Save The Kids Banda Aceh. The purpose of this study was to find out about children's interpersonal skills through role playing methods (finger puppets), this study used a qualitative approach to the type of PTK research. The subjects of this study were 13 children. The method used in collecting data is qualitative. Data collection techniques use observation techniques. Data is analyzed using percentages. The results showed that in Cycle I, interpersonal skills at TK B2 in PAUD Save The Kids had not reached the completeness score on all the criteria aspects observed. The criteria for aspects that have not been completed are (BB) Undeveloped (21%), (MB) Start Developing (37%), (BSH) Developing As Expected (43%) and Very Good Developing (BSB) (0%). In the second cycle the interpersonal ability of children is better than in the first cycle and the indicators of success have reached the completeness value on the aspect criteria, (BB) Undeveloped (0%), (MB) Start Developing (10%), (BSH) Growing As Expected ( 77%), and (BSB) Develops Very Good (14%). This shows that the role playing method using finger puppets can improve children's interpersonal skills.

 

Keywords: interpersonal skills, role playing methods, finger puppets


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amelia, L., & Ramadhani, L. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA KELOMPOK B DI TK BOHHATEMA ACEH BESAR. Jurnal Buah Hati, 3(2).

Gordon Huggins-Cooper. 2013. Meningkatkan 9 Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Gunarti, Winda, dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hoerr, Thomas R. 2007. Multiple Intellegence. Bandung: Kaifa MZN.

Irmawati. 2009. Kreasi Tokoh Fantasidari Kain Felt. Jakarta: Gramedia.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elek Media Komputindo.

Safaria. 2005. Interpersonal Intellegence. Sleman: Amara Books.

Suryadi. 2010. Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedngoogin.

Musfiroh Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan Majemuk.

Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat

Pembinaan Pendidikan Kependidikan dan Perguruan Tinggi.

Musfiroh Tadkiroatun. 2008. Pengembangan kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 1

ayat 14. Jakarta: kemendiknas.

Williams E, Evelyn. 2005. Mengajar Dengan Empati. (Terjemahan Fuad Ferdinan). Bandung: Penerbit Nuansa.

Yuliani Nurani Sujiono .2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Zaman. 2011. Pengembangan alat permainan Edukatif di lembaga Pendidkan Anak usia. Jakarta:

Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract views: 136   PDF views: 199