Buah Hati Journal has moved to a new address at ejournal.bbg.ac.id/buahhati

KREATIVITAS ANAK USIA DINI: MENYONGSONG ERA EKONOMI KREATIF 2025

Anita Damayanti

Abstract


Pendidikan yang baik dan benar untuk anak sebaiknya diberikan sejak usia dini atau anak usia 0 sampai dengan 8 tahun. Sehingga, diharapkan anak-anak dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai umur dan kemampuannya. Tujuannya agar anak kelak memiliki kreativitas dan inovasi di bidang produksi kreatif. Berikut ini akan dibahas tentang bagaimana pelaksanaan Kreativitas Anak Usia Dini Menyongsong Era Ekonomi Kreatif? Perbaikan sistem pembelajaran pada anak usia dini seperti yang beracuan dari teori, diharapkan praktik pendidikan yang dianggap sebagai “creative killers” dan  menghambat berkembangnya kreativitas anak-anak akan terhindari. Proses pembelajaran yang memperhatikan minat, keinginan, penuh kasih sayang dan kegembiraan serta tidak memaksakan kehendak akan menciptakan rasa aman dan nyaman pada anak sehingga mereka dapat tumbuh kembang dengan baik. Tujuan pembelajaran bagi anak demi mengoptimalkan tiga aspek, yakni kognitif, afektif dan psikomotor. Juga, memperhatikan tujuh komponen utama pembelajaran efektif, yakni: konstruktivisme (Constructivism), bertanya (Questioning), menemukan (Inquiry), masyarakat belajar (Learning Community), pemodelan (Modelling) dan penilaian nyata (Authentical Assesament).

 

Kata kunci: Kreativitas, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


AECT. 1986. Definisi Teknologi Pendidikan (terjemahan : Yusuf Hadi Miarso dkk). Jakarta : CV Radjawali.

Boentarsono. 1991. Buku Ketamansiswaan. Majelis Luhur Persatuan taman Siswa. Yogyakarta

Bloom, Benyamin S., ed. 1956. Taxonomy of Educational Objectives, Handbook I., Cognitive Domain. New York: Longman Inc.

Dewantara, Hajar. 1967, Bagian IIA Kebudayaan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa

Dewantara, Hajar. 1977. Bagian Pertama Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa dgi-indonesia.com/blue-print-pengembangan-ekonomi-kreatif-indonesia

Hartanti, Sofia. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Lowenfeld, Viktor, and Lambert Brittain. 1982. Creative and Mental Growth: New York: Mc Millan Publ.Co.

Megawangi, Ratna. 2009. Pendidikan Karakter, Jakarta: Indonesia Heritage Foundation

Pekerti, Widia, dkk. 2005. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Sundariyati, Warti. 1980. Metoda Ekspresi Merupakan Salah Satu Metode Bimbingan Menggambar Yang Tepat Untuk Diterapkan Di Taman Kanak-Kanak, Skripsi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract views: 205   PDF views: 90