KETRAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN VARIASI STIMULUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS V SD NEGERI 14 BANDA ACEH

Maulidar Maulidar, Ulfa Salawa

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru dituntut banyak memberi variasi dalam mengajar, karena dengan memberikan variasi maka pembelajaran semakin berhasil. Sebaliknya guru yang terus-menerus mengajar dengan ceramah dari awal sampai akhir akan menimbulkan kebosanan bagi siswa. Kurangnya guru dalam memberikan variasi stimuluas kepada siswa bisa menyebabkan siswa malas belajar, tidak memperdulikan guru, siswa sibuk dengan kerjaan sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan guru dalam memberikan variasi stimulus dalam proses pembelajaran di Kelas V SD Negeri 14 Banda Aceh.Jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Kelas V SD Negeri 14 Banda Aceh yang berjumlah 4 orang guru.Dalam penelitian ini penulis menggunakan observasi dan angket sebagai instrumen penelitian.Data hasil tes diolah dengan menggunakan deskripsi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mayoritas guru dalam menyampaikan materi menggunakan suara yang terlalu tinggi berada pada kategori baik sebanyak 2 orang (50%) dan guru menggunakan penekanan secara verbal dikombinasikan dengan anggota badan berada pada kategori cukup sebanyak 4 orang (100%). Hasil angket menunjukkan bahwa guru memberikan variasi stimulus pada saat pembelajaran berada pada kategori sering yaitu 3 orang (75%), tidak pernah 1 orang (25%) di Kelas V SD Negeri 14 Banda Aceh.

 

Kata Kunci : Ketrampilan Guru, Variasi Stimulus

 

Abstract

The main problem in this study is that teachers are most demanded to give many variations in teaching, that because in giving many variations brings it to success. On the contrary when teachers teach continuously through preaching from the beginning to the end will evoke boredom. when teacher give less stimulus to students it can cause students lazy to study, they don`t care of teacher, they are engaged with their business. The purpose of this study is to find out teacher`s skill in giving various stimulus in teaching process in grade V of 14 of national elementary school Banda Aceh. The type of this study is description. Subjects in this study are teachers who teach in grade V SD 14 Banda Aceh with number 4 teachers. In this study the researcher used observation and questioner as the instrument to collect the data. The data were examined through description. The result of the study can be concluded that majority of the teacher in giving lesson raise their voices that categorized good as 2 persons (50%) and teachers who verbally stressed categorized enough for 4 persons (100%). The result of the questionnaire shows that teachers in giving various stimuli during the lesson categorized frequently for 3 persons (75%) never 1 person (25%) in grade V National Elementary School of 14 Banda Aceh.

 

Keywords: Skills Teacher, A Variation Of The Stimulus

Full Text:

PDF

References


Abied. 2009. Ketrampilan Mengadakan Variasi dalam Pengajaran. http://iewanbudhi.blogspot.co.id/2010/02/ketrampilan-mengadakan-variasi-dalam.html

Aunurrahman, 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Djamarah. Syaiful Bahri, 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Faried, 2009. Media Pembelajaran,Jakarta: PT. Raja Grafindo

Fasli Jalal. 2007. Sertifikasi Guru Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Bermutu. http://www.sertifikasiguru.org

Hamalik. Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hudojo, 2003.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Common Textbook, (Malang: Jurusan Matematika, FMIPA)

Hasibuan. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar. 2007. Guru Profesional (Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Margono, 2010.Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Mohd.Uzer Usman. 2008. Menjadi Guru Profesional, Edisi kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhsetyo Gatot. dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nasution. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya.

Purwadinata. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soegito, Edi dan Yuliani Nurani. 2002. Kemampuan Dasar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudirman. 2005. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukirman. 2006. Peningkatan Profesional Guru melalui Lesson Study pada Diklat Lesson Study bagi Guru Berprestasi dan Pengurus MGMP MIPA SMP se-Indonesia Tengah. Yogyakarta: FMIPANY.

Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Usman. 2010. Manajemen: Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Zainal, Asri. 2010. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract views: 49   PDF views: 20