PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK DENGAN PENGGUNAAN GAMBAR BERSERI PADA KELOMPOK B DI PAUD TGK. M. SYARIEF ACEH BESAR

Lina Amelia, Lindawati Lindawati

Abstract


Berbicara adalah wujud dari bahasa secara lisan. Dalam kehidupan sehari-hari kegiatan berbicara melebihi hitungan kegiatan menulis. Dengan berbicara pesan atau keinginan dapat tersampaikan banyak dengan waktu singkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana cara meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B di PAUD Tgk Muhammad Syarief dengan  menggunakan gambar berseri 2. Bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara anak kelompok B di PAUD Tgk Muhammad Syarief dengan  menggunakan gambar berseri?. Tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui cara meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B Tgk. Muhammad Syarief Aceh Besar dengan menggunakan media gambar seri 2. Mengetahui peningkatan keterampilan berbicara kelompok B Tgk Muhammad Syarief Aceh Besar dengan menggunakan media gambar seri. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Lembar observasi adalah kegiatan mengamati aktivitas anak untuk memperoleh data tentang kemampuan berbicara. Jumlah sampel adalah 10 anak  dan data peneliti dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan katagori belum berkembang 40%  (4 anak) kategori mulai berkembang 40% (4 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20%  (2 anak) dan kategori berkembang sangat baik tidak ada. Sedangkan pada siklus II tidak ada kategori belum berkembang, mulai berkembang, kategori berkembang sesuai harapan adalah 20% (2 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 80% (8 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.

 

Kata kunci : Media Gambar Seri, Kemampun Berbicara Anak   

 

Abstract

Speaking is a form of language verbally. In everyday life speaking activities exceed the count of writing activities. By speaking messages or desires can be conveyed a lot with a short time. Problem formulation in this study 1. How to improve speaking skills of group B children in PAUD Tgk Muhammad Syarief using serial images 2. How is the improvement of speaking skills of group B children in PAUD Tgk Muhammad Syarief using serial images? The aim is 1. To find out how to improve the speaking skills of group B children. Muhammad Syarief Aceh Besar by using serial image media 2. Knowing the improvement in the speaking skills of group B Tgk Muhammad Syarief Aceh Besar by using serial image media. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The instrument used is the observation sheet. The observation sheet is an activity of observing children's activities to obtain data about speaking ability. The number of samples is 10 children and the researchers' data were analyzed using a percentage formula. The results showed that in the description of children's activities in the first cycle the number of percentages with undeveloped categories 40% (4 children) categories began to develop 40% (4 children) categories developed according to expectations 20% (2 children) and very good developing categories did not exist. Whereas in the second cycle there was no category yet to develop, began to develop, the category developed according to expectations was 20% (2 children) the category of very good developing was 80% (8 children) Based on these data it can be concluded that the use of serial image media can improve children's speech.

 

Keywords: Series Image Media, Children's Speaking Capacity

Full Text:

PDF

References


Aisyah. 2012. Peningkatan Berbicara Anak Usia Dini. Gramedia. Jakarta

Amelia, lina, dkk. 2017. Ektifitas Permainan Wayang Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Di Tk Kartika XIV-11 Banda Aceh. Jurnal Buah Hati. Vol. 4 (2) : 83-96

Amelia, Lina. Ramadhani, Lisa. 2016. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan

Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok B Di TK Bohhatema Aceh Besar . Jurnal Buah Hati. Vol. 3 (2): 19-34

Busthomi. 2012. Karakteristik Anak Usia Dini. Media Rosdakarya Bandung.

Bambang. 2008. Pendidikan Tamak Kanak-kanak. Media Rosdakarya Bandung.

Gunarti winda dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.

Mulyasa. 2009. Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Buku Pembelajaran PAUD.

Muskibin. 2012. Pendidikan karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta; Ar-Ruzz Media.

Mufidah, R. 2007. Kiat membaa dan berbicara Anak. Jakarta: Gaung Persada.

Sunarti . 2011. Pembelajaran Gambar Seri Pada Anak. di akses pada tanggal 04 juni 2013.

Susanto 2010. Langkah Cerdas menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku.

... Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Balai. Pustaka.


Article Metrics

Abstract views: 55   PDF views: 42