PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM BERCERITA SIRAH NABAWIYAH UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK KELOMPOK B1 DI TK CUT MEUTIA BANDA ACEH

Ayi Teiri Nurtiani, Ajimah Ajimah

Abstract


Kecerdasan spiritual perlu ditanamkan sejak anak berusia dini agar menjadi sebuah fondasi kokoh dalam kepribadiannya dan melekat dalam karakternya sehingga menjadi modal utama dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini harus dibentuk dengan menampilkan sosok teladan sepanjang masa, yakni dengan kegiatan bercerita tentang sosok Nabi Muhammad dalam Sirah Nabawiyah dengan media Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan spiritual anak kelompok B1 di TK Cut Meutia Banda Aceh melalui media Big Book dalam bercerita Sirah Nabawiyah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak yang berjumlah 22 orang. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan catatan harian. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan setelah intervensi tindakan dilakukan. Hal ini terlihat dalam kategori BSB dan BSH dimana data menunjukkan peningkatan signifikan dari asesmen awal ke asesmen akhir yakni dari 10 anak (46%) menjadi 20 anak (90%), sedangkan kategori MB dan BB dimana data menunjukkan penurunan drastis yakni dari 12 anak (54%) menjadi 2 anak (10%). Penulis harapkan kegiatan bercerita Sirah Nabawiyah dengan media Big Book tetap berlanjut agar kecintaan anak-anak kepada Nabi Muhammad semakin bertambah dan mendalam sehingga suri teladan beliau menjadi karakter yang membentuk kepribadian mereka dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: media big book, bercerita sirah nabawiyah, kecerdasan spiritual

 

Abstract

Spiritual intelligence needs to be instilled since early childhood in order to become a solid foundation in his personality and inherent in his character so that it becomes the main capital in his daily life. This must be formed by displaying a model figure of all time, namely by telling stories about the figure of the Prophet Muhammad in Sirah Nabawiyah with the Big Book media. This study aims to determine the increase in spiritual intelligence of children of B1 groups in kindergarten of Cut Meutia Banda Aceh through the Big Book media in the story of Sirah Nabawiyah. This research is a Classroom Action Research (CAR). The subjects in this study were 22 children. The instruments in this study are observation and daily notes. Techniques used in data analysis are data reduction, data display, and conclusion making. The results showed that there was a significant increase after action interventions were carried out. This can be seen in the BSB and BSH categories where the data shows a significant increase from the initial assessment to the final assessment is from 10 children (46%) to 20 children (90%), while the MB and BB categories where the data show a drastic reduction of 12 children (54%) become 2 children (10%). The author hopes that Sirah Nabawiyah's storytelling activities with the Big Book media will continue so that children's love for the Prophet Muhammad will increase and deep so that his role model becomes a character that shapes their personalities in living their daily lives.

 

Keywords: big book media, storytelling sirah nabawiyah, spiritual intelligence


Full Text:

PDF

References


Al-Mubarakfuri, Shafiyurrahman. Ar-Rahiq Al-Makhtum: Sirah Nabawiyah (Sejarah Lengkap Kehidupan Nabi Muhammad), Penerjemah. Faris Khairul Anam, Jakarta: Qisthi Press, 2014.

As-Sabatin, Najah. Dasar-dasar Mendidik Anak: Usia 1-10 tahun, Penerjemah. Yahya Abdurrahman, Bogor: Al Azhar Freshzone Publishing, 2014.

Bek, Muhammad Al-Khudhari. Nurul Yaqin: Fi Siirati Sayyidil Mursaliin, Penerjemah. Bahrun Abu Bakar, Bandung: Sinar Baru Algensido, 2008.

Husnaini, Nani. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Buku Besar, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol.6 Nomor 1, Jakarta: Program Pascasarjana PAUD Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Madya, Suwarsih. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research), Bandung: Alfabeta, 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 137 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, 2014.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, 2014.

Putra, Sitiatava Rizema. Metode Pengajaran Rasulullah SAW: Segudang Strategi Belajar-Mengajar Berdasar Sifat-sifat Rasulullah, Yogyakarta: Diva Press, 2016.

Said, Muhammad Sameh. Muhammad Sang Yatim: Janji dan Kemenangan yang Dinanti, Penerjemah. Indra Gunawan, Bandung: Cordoba, 2016.

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: PT Indeks, 2012.


Article Metrics

Abstract views: 11   PDF views: 9